Pandemi Belum Pergi, Brantas Abipraya Gencarkan Lagi Bagi-Bagi Masker Gratis

04 September 2020


Bogor, 4 September 2020 - Hingga saat ini Indonesia diselimuti pandemi Corona Virus Disease 2019 alias Covid-19, angka penambahan kasus positif pun semakin merangkak naik tiap harinya. Sebagai langkah antisipasi dan menekan Covid-19, PT Brantas Abipraya (Persero) gencarkan kembali program bagi-bagi masker kepada masyarakat yang berada di sekitar proyek-proyeknya. Dikenal sebagai salah satu BUMN konstruksi, tak hanya fokus Abipraya bagikan ratusan masker secara bertahap, kali ini di Proyek Bendungan Kering Ciawi di Bogor, Jawa Barat.

 

“Kami sangat prihatin dengan kondisi saat ini, sehingga Abipraya berkomitmen untuk selalu ada bagi masyarakat Indonesia. Bantuan terus kita salurkan, berupa sembako, APD (Atribut Pelindung Diri) untuk tim medis dan kali ini kita galakkan lagi pembagian masker gratis dengan sasaran masyarakat sekitar proyek,” ungkap Wima Regianto Putra, Project Manager PT Brantas Abipraya (Persero).

 

Wima menambahkan, dengan mengalokasikan dana THR (Tunjangan Hari Raya) Komisaris dan Direksi, hingga saat ini Abipraya masih berlangsung membagikan bantuan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak. Dikatakannya, masker gratis ini dibagikan untuk mengajak masyarakat hidup sehat dengan disiplin mematuhin protokol kesehatan Covid-19. Menjadi sasaran lokasi pembagian masker gratis di Proyek Bendungan Ciawi ini bukanlah tanpa alasan. Lokasinya yang berada di Kecamatan Cisarua dan Kabupaten Bogor ini termasuk kawasan yang padat penduduk, belum lagi banyaknya tempat wisata dan sederet tempat kuliner yang menggugah selera di sepanjang Cisarua, tentunya ini mengundang banyak masyarakat.

 

“Masyarakat sendiri yang seharusnya berada di garda terdepan. Sedangkan para tenaga medis menjadi ujung tombak dari penanganan wabah ini. Jadi kami ingin menumbuhkan dan memperkuat kesadaran masyakat, khususnya di sekitar Proyek Bendungan Kering Ciawi ini  akan kepatuhan disiplin mengenakan masker dengan benar. Karena penggunaan masker dengan benar dapat menurukan risiko terpapar Covid-19,” ujar Wima. 

 

Memperkuat semangat berbagi, tak hanya aksi bagi masker gratis di hari yang sama Abipraya juga menyerahkan bantuan face shield kepada Puskesmas Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

 

Pembangunan Bendungan Kering Ciawi merupakan bagian dari rencana induk (master plan) pengendalian banjir Ibu Kota Jakarta yang dilakukan secara bertahap sebagai bentuk komitmen Pemerintah Pusat untuk mengendalikan banjir mulai dari hulu hingga di hilir. Bendungan ini memiliki volume tampung total sebesar 6,05 juta m3, akan bermanfaat dalam mereduksi banjir bagian hulu hingga 30% yakni sebesar 111,75 m3/detik. Kontribusi Bendungan Kering Ciawi dalam pengendalian banjir juga akan berdampak pada pintu air Manggarai sebesar 11,9 %.