Gandeng Kementerian PUPR, Abipraya Uji Sertifikasi Tahap II

21 Agustus 2017


Jakarta, 21 Agustus 2017 - PT Brantas Abipraya (Persero) bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar sertifikasi tenaga kerja terampil dan bimbingan teknis keahlian konstruksi tahap II untuk pekerjanya. Pembukaan acara yang dilaksanakan di Pintu VII Gelora Bung Karno Jakarta ini, Senin (21/8), dilakukan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

“Kita membutuhkan percepatan sertifikasi tenaga kerja konstruksi, sebab Pembangunan infrastruktur yang sedang gencar dilaksanakan Pemerintah tidak bisa menunggu lagi, harus didukung oleh sumber daya manusia yang handal dan kompeten”, ujar Basuki.

Dilakukan serentak di tiga lokasi, selain di Gelora Bung Karno, pembukaan ini juga digelar di Proyek Rusunawa Sentraland, Cengkareng milik Abipraya dan Proyek Dinas PU Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta dengan video conference.

Ditemui di Gelora Bung Karno, Nurtjahja, Senior Manager Human Capital Abipraya mengatakan kegiatan ini adalah bukti kepedulian Abipraya terhadap para pekerja proyeknya melalui Program Bina Lingkungan dengan meningkatkan pendidikan Insannya dengan target sertifikasi 1.000 pekerja. Sebelumnya Abipraya telah mensertifikasi 133 insannya pada tahap pertama program ini di area Jawa Timur (2/8).

"Ini salah satu upaya Abipraya dalam menciptakan Insan Abipraya yang handal dan profesional, kami berkomitmen mendukung sepenuhnya percepatan program Sertifikasi ini dengan mensertifikasi 436 pekerja yang tersebar di proyek area Jakarta dan sekitarnya," imbuh Nurtjahja.

Dilakukan secara on the job training pada proyek-proyek strategis baik di lingkungan internal maupun eksternal Kementerian PUPR, dan dilakukan selama 3 (tiga) hari (21-23 Agustus 2017). Terselenggaranya acara ini kerjasama dengan Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR melalui Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Nasional, LPJK Provinsi DKI Jakarta, LPJK Provinsi Banten, serta LPJK Provinsi Jawa Barat.

Optimistis mencapai 1.000 pekerja proyeknya yang bersertifikasi hingga akhir tahun 2017, setelah Jakarta, Jawa Barat dan Banten, Abipraya bakal mensertifikasi para Insannya yang berada di area Jawa Tengah, Jogjakarta, Kalimantan, Sumatera, Bali, NTT, NTB, Sulawesi, Maluku dan Papua.