Di Tengah Pandemi, Brantas Abipraya Bantu UMKM Kembangan Usaha

26 Juni 2020


Jakarta, 26 Juni 2020 - Wabah Corona Virus Disease-19 atau yang dikenal dengan Covid-19 ini memberikan banyak dampak kepada masyarakat. Salah satunya adalah kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang merasakan dampak yang cukup besar akibat pandemi Covid -19. Menanggapi hal ini, PT Brantas Abipraya (Persero) sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi ini turut aktif mendukung Pemerintah dalam membantu pengusaha kecil mandiri untuk terus menjalankan bisnisnya.

“Ini adalah salah satu bukti komitmen Abipraya menyokong penuh program pemerintah untuk dapat memulihkan kembali roda perekonomian negara. Melalui PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan), Abipraya siap memberikan pinjaman lunak kepada pelaku usaha berskala kecil,” ujar Miftakhul Anas selaku Ketua PKBL Brantas Abipraya yang juga menjabat sebagai Sekretaris Perusahaan.

Anas menambahkan, beberapa syarat UMKM yang ingin bermitra dalam program ini harus berbentuk usaha orang perorangan, badan usaha yang tidak berbadan hukum atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk usaha mikro dan koperasi. Selain itu pelaku usaha juga harus sudah melakukan kegiatan bisnisnya minimal selama 6 (enam) bulan dan diprioritaskan UMKM yang sudah bekerja sama dengan Abipraya, anak usaha Abipraya maupun Koperasi Karyawan Brantas Abipraya. Para mitra binaan pun harus memiliki referensi yang baik. Semakin menguntungkan, para pengusaha kecil pun diberikan kebebasan nominal besaran pinjaman sesuai kemampuan bayar hingga paling besar adalah Rp 200 juta dengan jangka waktu pinjaman hingga dua tahun, sehingga pengusaha tak perlu takut terbebani.

Adanya pandemi ini tak lantas membuat Abipraya berhenti menjalankan program ini. Mantapkan komitmennya dalam membantu pelaku UMKM untuk terus berkembang dalam era transisi menuju kenormalan baru ini Abipraya juga telah mengantongi 10 mitra binaan baru sehingga total menjadi 47 mitra binaan.

“Sejak masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) saya sempat khawatir dan ragu karena omset pasti akan berkurang. Namun saya sangat terbantu karena telah mendaftar dalam program ini, saya pun mendapatkan pesanan masker kain dan pengadaan atribut (APD/Atribut Pelindung Diri) untuk mendukung program bantuan CSR Abiraya ke beberapa rumah sakit,” kata Tumar, salah satu mitra binaan Abipraya.

Banyak manfaat yang dapat diberikan Abipraya kepada UMKM yang menjadi mitra binaannya. Menyebarkan semangat optimisme dalam menghadapi New Normal, Abipraya juga telah memberikan sosialisasi kenormalan baru (15/6) kepada mitranya ini agar mereka dapat terus berproduktif dan semangat berkarya untuk mempertahankan serta mengembangkan usahanya di tengah pandemi covid-19. Anas juga mengatakan tahun 2019 lalu Abipraya telah memberikan pelatihan dan sertifikasi K3 konstruksi kepada 41 mandor borong yang menjadi mitra binaannya. Program pelatihan ini akan terus diberikan kepada mitra binaan untuk meningkatkan kualitas dan keahlian.