Bukit Asam, KBN, dan Brantas Abipraya Hadir untuk Negeri

17 Mei 2019


Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selenggarakan program BUMN Hadir untuk Negeri di Lampung. Sederet kegitan digelar oleh PT Bukit Asam Tbk. bersama PT Brantas Abipraya (Persero) dan PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero) pada Kamis (16/5) lalu.

Selain menyalurkan bantuan untuk masyarat, peluncuran program BUMN Hadir untuk Negeri di Lampung dimulai dengan Safari Ramadan. Kegiatan berupa buka puasa bersama di Hotel Novotel Bandar Lampung dihadiri oleh Direktur Niaga Bukit Asam Adib Ubaidillah, Direktur Keuangan Kawasan Berikat Nusantara Daly Mulyana, Direktur Keuangan dan SDM Brantas Abipraya Suradi.

Turut hadir juga pada kesempatan tersebut Plt. Asisten Deputi Usaha Energi Logistik, Kawasan dan Pariwisata II Kementerian BUMN Silvester Budi Agung, Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis, dan Wakil Walikota Bandar Lampung Yusuf Kohar.

Melalui keterangan tertulisnya, ketiga BUMN itu menyalurkan santunan dan bingkisan Ramadan untuk 1.000 anak yatim. Bukit Asam, KBN, dan PT Brantas Abipraya (Persero) juga membantu lima renovasi rumah ibadah, panti asuhan, dan pesantren.

Nantinya, akan digelar juga berbagai kegiatan yang terangkum dalam BUMN Hadir untuk Negeri, seperti Siswa Mengenal Nusantara, penyaluran bantuan kebutuhan dasar untuk masyarakat, dan peringatan HUT Republik Indonesia.

Adib Ubaidilah mengatakan bahwa berbagai kegiatan yang digelar tersebut semata-mata ditujukan untuk masyarakat. “Melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri di Lampung ini, Bukit Asam bersama Kawasan Berikat Nusantara dan Brantas Abipraya bersama-sama melakukan kontribusi nyata untuk masyarakat,” ujarnya.

Secara simbolis, Direktur Keuangan dan SDM PT Brantas Abipraya (Persero) Suradi memberikan santunan kepada 1.000 anak yatim. Turut hadir pula Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya Miftakhul Anas dan Manajer Sekretariat dan Humas Brantas Abipraya Rudi Pudianto.

Suradi mengatakan, sebagai bentuk komitmen Brantas Abipraya Hadir untuk Negeri, khususnya di Lampung, pihaknya juga telah membangun Pasar Pulung Kencana di Kabupaten Tulang Bawang Barat. “Selain itu, kami juga menangani Proyek Pekerjaan Pelebaran Dermaga C1 Panjang Lampung. Hadirnya BUMN melalui sinergi ini, diharapkan dapat memberikan manfaat dan mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat, khususnya warga Lampung,” tuturnya.

Siswa Mengenal Nusantara tahun ini diikuti oleh siswa unggulan yang berasal dari 15 kota/kabupaten di Provinsi Lampung. Para siswa terpilih ini akan mendapatkan kesempatan berkunjung ke daerah lain di Indonesia selama beberapa hari untuk mengenal beragam kebudayaan Indonesia.

Sementara sebagai rangkaian Peringatan HUT Republik Indonesia, berbagai kegiatan akan digelar seperti upacara HUT RI, jalan sehat 5 kilometer, aneka perlombaan, pengobatan gratis, pameran, hingga kuliner gratis.

Selain mengajak masyarakat untuk merayakan kemerdekaan, melalui kegiatan ini, BUMN juga mengajak masyarakat untuk kembali bersatu mempererat semangat kebangsaan.